Selasa, 07 Februari 2012

The Powerful Speaker Active



Sampah elektronik disekitar kita semakin banyak dan butuh untuk didaur-ulang, semakin banyaknya sampah elektronik tersebut mengindikasikan bahwa kebutuhan akan barang elektronik semakin meningkat. Sampah elektronik yang ada disekitar rumah maupun sekolah kita, dapat didaur ulang menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis tinggi serta bermanfaat bagi penggunannya. The Powerful Speaker Active merupakan salah satu kreasi dari ekstrakulikuler Karya Ilmiah Sains dan Sastra (K.I.S.S)  SMAN 1 SETU, salah satu bahan dalam pembuatan alat ini yaitu POTENSIO METER yang berasal dari barang-barang elektronik seperti DVD PLAYER bekas yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Potensio meter tersebut digunakan untuk megatur volume, treble, bass, dll.
Manfaat dari The Powerful Speaker Active, adalah :
A.   Untuk keperluan sekolah
1.             Digunakan saat rapat dewan guru
2.             Digunakan untuk presentasi siswa
3.             Digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM)
4.             Digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan bidang seni (Seni musik dan seni tari)
B.   Untuk keperluan masyarakat
1.             Digunakan untuk acara-acara penting
2.             Rapat RT/RW
3.             Pengajian

Biaya pembuatan The Powerful Speaker Active tidak lebih dari Rp.67.000,- . Adapun bahan-bahan pembuatannya, yaitu:
1.             Travo
2.             Potensio
3.             Elektronik Kondensor
4.             Resistor
5.             Droida
6.             Kabel Head
7.             Kabel (Merah, Hijau, Hitam)
8.             IC (integrated ciruit)
9.             Paralon

Bahan-bahan tersebut dapat kita dapatkan dari DVD PLAYER yang sudah tidak terpakai dan sebagian bisa dibeli di toko elektronik. Dengan menggunakan barang daur ulang berarti kita sudah berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan, selain meghemat bahan baku dan biaya, ada kelebihan yang lain yaitu barang daur ulang biasanya terlihat lebih menarik agar pembeli tertarik untuk membeli barang daur ulang tersebut, mengapa barang daur ulang perlu dipercantik karena setelah barang tersebut tidak terpakai lagi kemungkinan besar barang tersebut sudah tidak layak untuk dipakai lagi. Disinilah peluang kita untuk megajak orang mendaur-ulang barang-barang yang tidak terpakai yang ada disekitar mereka, mulai dari plastik bekas hingga besi bekas, karena sekecil apapun barang yang kita buang itu sangat berpengaruh untuk kelangsungan mahkluk hidup dimasa mendatang.   
Dari segi keterampilan tergantung bagaimana cara kita mengolah bahan daur ulang tersebut hingga menjadi barang yang benar-benar merupakan inovasi baru, serta memiliki nilai keindahan bagi yang melihatnya.
“Marilah jaga kelestarian Bumi , demi masa depan yang lebih baik”   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar